Sunday, March 1, 2009

Malatang

Wah post kuliner pertama neh wkwkwk. Kalo inget2 makanan jadi inget pepatah cina kuno neh yang bunyinya: To be born in Suzhou, to live in Hangzhou, to eat in Guangzhou and to die in Liuzhou. Untuk lebih jelas mengenai arti pepatah tersebut dapat dilihat disini.

Yang jelas terdapat tulisan yang menyiratkan bahwa makanan di guangzhou enak-enak (to eat in Guangzhou) wkwk. Oleh karena itu, saya mencoba untuk menulis mengenai makanan-makanan yang ada di GZ, dan semua post mengenai makanan akan diberi label "kuliner".

Hari ini cuaca sangat dingin sekali, dimana suhu udara di GZ mencapai 13 derajat celcius. Di saat dingin-dingin begini, saya dan teman2 memutuskan untuk mencari makanan yang dapat menghangatkan tubuh dan memiliki rasa yang enak tentunya :D. Salah satu teman saya menyarankan agar kami makan malatang. OK, jadi kami bersepakat pada pukul 19 waktu setempat, kami akan pergi makan malatang.

Pada waktu yang dijanjikan, kami mulai berkumpul satu-persatu di asrama wanita. Akan tetapi, ada salah satu kawan kami yang masih belum bersiap-siap, yaaa ampuuuun kebiasaaan jam karet di indo ternyata berlaku juga di GZ wkwkwkkw (jangan marah na). Dan akhirnya kita mulai berjalan menuju tempat makan. Dan, keadaan diluar asrama sangaaaat dingin sekali, bahasa mandarinnya hen leng :p. Perjalanan ditempuh dengan jalan kaki, dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Hawa dingin, dan angin yang bertiup membuat perjalanan kami terasa cukup lama wkwkwk. Daaan akhirnya sampailah kami di tempat tujuan phewww. 

Akannnn tetapii, tidak ada tempat untuk kami berenam, tempat yang tersisa hanya cukup untuk 2-4 orang saja -_-. Alhasil, kami terpaksa menunggu sampai ada tempat yang cukup untuk kami ^_^. Sementara menunggu, kami melihat2 toko yang ada disekitar tempat makan tersebut. Ada toko untuk peralatan sehari-hari, ada juga toko baju, restoran, bahkan warnet pun ada. Setelah melihat-lihat dan membeli beberapa keperluan, salah satu teman kami memberi kabar bahwa sudah ada tempat kosong.. waah akhirnya bisa makan juga..

Lha disini baru dimulai cerita tentang makanannya wkwkkw. ternyata malatang itu merupakan makanan seperti sup tom yum. Di restoran ini, disediakan bermacam-macam lauk, ada berbagai macam bakso, sayur-sayuran, jamur-jamuran dan juga terdapat mie.Pelanggan dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan, cukup mengambil lauknya sendiri dan diletakkan dalam sebuah wadah (nampan). Setelah semua lauk dipilih, selanjutnya nampanya diberikan pada orang yang bertugas memasak. 


-->rumah makan yang kami kunjungi, cukup kecil tapi nyaman, bersih, dan HANGAT!. Apa namanya?? saya sendiri tidak tau, bagi yang tau bisa kasi comment :D. Yang disebelah kiri foto terdapat rak-rak tempat sayur-sayuran.




--> Tempat penyimpanan berbagai makan bakso, jamur, sayur, ikan



--> Ini adalah lauk-lauk yang akan dimasak nantinya, saya mengambil bakso ikan, tahu, kulit tahu, kecambah, dan selada.





--> sesudah dimasak neh, jadi banyak banget dan yang jelas bikin kenyang. Rasanya uenak tenan :D

2 comments:

  1. huuuuu
    kan aku udh ngomong sori...
    ga baik nih si ficky jelekin nama aku di dunia maya
    hahahaha

    ReplyDelete