Tuesday, March 3, 2009

Kiamat 2012

Akhir-akhir ini ada beberapa orang yang memberitahukan kepada saya bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Bahkan di website sudah ada banyak sekali artikel-artikel yang membahas mengenai fenomena ini. Apakah hal itu benar? Haruskan kita mulai bertobat dan berbuat hal-hal yang baik sebelum tahun 2012??

Menurut saya, berbuat baik, bertobat, suka menolong, tulus, dan sifat-sifat baik lainnya bukanlah sesuatu yang harus dilakukan pada saat tertentu saja. Hanya dilakukan saat saat kita sudah mengetahui ajal kita sendiri (bukan berarti bahwa saya percaya kiamat 2012). Seharusnya semua sifat-sifat baik tersebut sudah mulai kita kembangkan mulai saat ini. Sifat-sifat tersebut hendaknya tidak dikembangkan oleh karena perasaan takut akan hari penghakiman (kiamat) dan perasaan takut akan masuk neraka. Lebih baik kita mengembangkan sifat-sifat baik tersebut dengan perasaan ingin memberikan terbaik bagi sesama, perasaan bahagia karena menolong orang, dan perasaan-perasaan positif lainnya.

Apabila isu mengenai kiamat ini dapat membuat sebagian besar orang menjadi bertobat karena rasa takut akan neraka. Maka, apabila pada tahun 2012 terbukti tidak terjadi kiamat akankah orang-orang yang bertobat oleh rasa takut akan tetap pada jalan yang dia pilih??? ataukah meraka akan kembali melakukan kesalahan-kesalahan karena rasa takut yang mereka rasakan ternyata tidak benar???

Menurut saya, isu-isu tersebut harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya. Karena artikel-artikel yang dimuat belum tentu benar. Kita pun tidak bisa membuktikannya, karena keterbatasan kemampuan kita sendiri. Lalu haruskah kita percaya kepada sesuatu yang belum pasti?? Saya percaya bahwa tidak ada yang dapat meramalkan masa depan dengan ketepatan 100%, masa depan masih belum dapat dilihat di masa sekarang. Dunia selalu berubah, waktu selalu berubah, bahkan pertandingan sepak bola pun masih sulit untuk diramalkan. Bagaimana mungkin kita dapat percaya ramalan masa depan dunia yang memiliki konteks lebih luas daripada sebuah pertandingan sepak bola. Adakah seseorang yang bisa meramalkan dengan tepat seluruh hasil pertandingan sepak bola selama setahun kedepan?? saya yakin tidak ada yang dapat melakukannya. Lalu bagaimanakah seseorang dapat meramalkan kiamat pada tahun 2012?? 

Bagaimanakah pendapat Anda??

4 comments:

  1. haha... kalo kiamat tahun 2012 sebenernya umat manusia perlu bersyukur karena :
    1. Mati rame-rame....
    2. Mengalami dan menjadi saksi mata peristiwa paling langka sepanjang sejarah Dunia, karena cuma terjadi sekali....
    Jadi berbahagialah...!!

    Well, that's my thought =P

    ReplyDelete
  2. jangankan sepakbola, nanti kita mau makan apa di kantin aja belum tentu bisa diramalkan.. hahaha

    ReplyDelete
  3. wkwkk bangga gimana tuh har. cuman bisa diliat sekali tapi tak bisa dicritakan. g ada serunya :p
    Stuju buat dhanan wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Ya setidaknya....
    nti dapat bercerita pada "roh" lain yg ada di "Neraka"/"Surga"
    =P

    kalo 2012 kiamat...
    Ketawa rame-rame di akhirat
    kalo 2012 ga kiamat...
    ketawa rame-rame di bumi
    =)

    ReplyDelete